Pages

Sunday, April 6, 2008

Kisah Alam Barzakh (2): Harta wasiat dan Siksa Kubur

Kisah ini dikisahkan oleh seorang yang alim dan mulia, shaleh dan wara' yaitu Al-Hajj Mulla Abul Hasan Marandarani. Beliau berkisah sebagai berikut:

Aku punya sahabat, orangnya jujur, mulia, bertakwa dan alim, yaitu Maula Ja’far putera seorang yang alim dan shaleh Maula Muhammad Husein dari penduduk Thirastan. Ketika terjadi wabah penyakit yang besar ia berada di negerinya, penyakit itu tersebar ke seluruh pelosok daerahnya. Sebelum wabah penyakit itu terjadi banyak keluarga orang-orang yang meninggal mempercayakan wasiat kepadanya untuk mengurus harta mereka, dan ia mengemban amanat harta-harta itu. Ketika wabah penyakit terjadi beliau meninggal dan belum sempat menyalurkan harta itu pada yang semestinya, sehingga sia-sialah semua harta itu.

Pada suatu hari Allah memberi karunia kesempatan padaku untuk berziarah ke kuburan suci Imam Husein (sa). Pada malam harinya aku mimpi melihat seseorang dari pandangan yang jauh, di pundaknya ada rantai yang menyala api membelenggu tangan dan kakinya, lidahnya panjang menjulur sampai ke dadanya. Ketika melihatku dari jauh ia mengharap pertolonganku. Setelah dekat dalam pandanganku ternyata orang itu adalah Maula Ja'far.

Aku heran: ketika ia hendak berbicara dan minta pertolongan padaku rantai itu menghentaknya ke belakang, sehingga ia kembali dengan berjalan mundur, sebelum sempat berbicara.

Kemudian ia mendekat lagi kepadaku untuk kedua kalinya, lalu terjadi hal sama, sampai tiga kali. Aku sangat takut menyaksikan kejadian dalam mimpiku itu, sampai aku menjerit keras dan terbangun, sehingga seorang ulama yang tidur di dekatku ikut terbangun.

Kemudian aku menceritakan kejadian dalam mimpiku itu pada ulama tersebut.
Bersamaan dengan itu ada pengumuman pintu-pintu gerbang kuburan suci segera dibuka. Lalu aku berkata: aku harus segera masuk ke areal kuburan suci untuk berziarah dan beristighfar, semoga Allah menyayangi dia jika mimpiku itu benar. Kemudian aku berdiri dan melaksanakan niatku itu.

Setelah berlalu waktu yang cukup lama hampir dua puluh tahun, kejadian itu belum jelas bagiku. Tapi aku menduga hal itu karena peristiwa wabah penyakit yang menyebabkan banyak harta orang yang tersia-sia.

Pada suatu waktu Allah swt memberiku karunia kesempatan untuk berziarah ke Baitullah yang mulia dan melakukan haji. Menjelang waktu untuk ziarah ke Madinah Al-Munawwarah, aku jatuh sakit yang cukup parah sehingga aku tidak bias bangun dan berjalan. Setelah sampai di Madinah, aku berkata kepada sahabat-sahabatku: Mandikan aku, gantikan bajuku, dan bawalah aku ke Raudhah yang mulia agar jika kematian menjemputku aku berada dalam perjalanan menuju Raudhah. Dan mereka pun melakukan harapanku.

Setelah memasuki Raudhah mereka menutupi aku dan menempatkan aku di sampingnya, kemudian membawaku ke dekat rumah Fatimah Az-Zahra’ (sa) untuk menyampaikan ziarah kepadanya, lalu aku duduk dan berziarah kepadanya, menyampaikan apa yang sedang menimpaku dan memohon syafaat untuk kesembuhan penyakitku. Aku berkata kepadanya: Telah sampai kepada kami berita suci tentang kecintaanmu kepada puteramu Al-Husein (sa) dan aku telah berziarah kepadanya, maka dengan haknya atasmu aku memohon syafaat untuk kesembuhan penyakitku.

Kemudian aku mengadu kepada Rasulullah saw dan menyampaikan hajat-hajatku, yang antara lain memohon syafaat untuk sahabat-sahabatku, khususnya mereka yang tertimpa kesulitan. Dalam permohonanku aku menyebutkan nama-nama sahabatku, sampai gilirannya aku menyebut nama Maula Ja’far yang pernah aku mimpikan. Aku sebutkan mimpiku, kemudian berubahlah keadaanku, dan bertambahlah dorongan dalam diriku untuk memohonkan ampunan untuknya dan memohonkan syafaat Rasulullah saw untuknya.

Dalam permohonan dan pengaduanku aku berkata: Sebelum saat ini dua puluh tahun yang lalu aku pernah bermimpi dengan mimpi yang sangat buruk, aku tidak tahu apakah mimpi itu benar atau tidak?

Aku menyebutkan pengaduanku itu dengan khusuk dan mendoakannya dengan tulus. Kemudian aku merasakan penyakitku membaik, sehingga aku dapat berdiri dan pulang sendiri ke tempat penginapanku. Aku yakin kesembuhan penyakitku berkat syafaat Rasulullah saw dan Fatimah Az-Zahra’ (sa).

Ketika aku hendak keluar kota Madinah menuju gunung Uhud, dan perjalanan ini bagiku adalah perjalanan yang pertama kalinya. Setelah sampai di Uhud, dan sesudah ziarah kepada Syuhada’ Uhud, aku tidur. Dan dalam tidurku aku bermimpi Maula Ja’far datang kepadaku dalam wajah yang baik dengan mengenakan pakaian sangat putih dan bersih, memakai sorban dan memakai tongkat. Ketika mendekat padaku ia mengucapkan salam: Selamat datang wahai sahabatku, demikianlah semestinya seorang sahabat yang setia, ia akan berbuat untuk sahabatnya; ketika aku berada dalam kesulitan, bala’ dan penderitaan yang sangat pedih, maka tidak lain kamulah yang berdiri di dekat kuburan suci Nabi saw, dengan doamu dan pengaduanmu itu Allah melepaskan aku dari semua penderitaanku. Sampai sekarang sudah dua hari atau tiga hari mereka (Rasulullah saw dan Ahlul baitnya s.a) membawaku ke kamar mandi dan mensucikan aku dari semua noda dan kotoran. Pakaian ini dikirim oleh Rasulullah saw dan Fatimah Az-Zahra’ (sa), sehingga Alhamdulillah sekarang keadaanku menjadi baik dan selamat. Aku datang kepadamu untuk menyampaikan kabar gembira ini. Dan semoga Allah mengharumkan dirimu, kembali pada keluargamu dalam keadaan sehat dan selamat, dan keluargamu dalam keadaan damai dan bahagia.
Kemudian aku terbangun dengan perasaan sangat senang dan bahagia.

Kisah ini dikutip oleh seorang ahli hadis dan tsiqqatul Islam, Syeikh An-Nuri (semoga Allah mencahayai kuburnya) dalam kitabnya Dar As-Salam 2: 155)

Di akhir kutipannya beliau berharap: Semoga kita dapat merenungi kisah dalam mimpi ini dengan lembut dan mendalam, karena dalam kisah ini terdapat pelajaran yang selalu terhalangi dari orang yang mata hatinya masih buta dan pandangan batinnya masih kotor.

Wassalam
Syamsuri Rifai

Asbabun Nuzul ayat2 pilihan, hadis2 pilihan, amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel-artikel Islami, klik di sini:
http://shalatdoa.blogspot.com
http://syamsuri149.wordpress.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 pilihan haji dan umroh dilengkapi tek arab, bacaan tek latin dan terjemahan, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Download gratis Mobile Magazine, majalah bermacam2 produk Hp dan elektronik, klik di sini : http://www.mobile-indonesia.com
Ingin kerjasama buka cabang di kota atau daerah Anda, hubungi Redaksi: Jl. Tebet Timur Dalam VII E No. 17 Jakarta Selatan 12820. Phone : 62-21-835.2103.

No comments:

Followers