Pages

Monday, February 25, 2008

Rahasia Kematian dan Kehidupan

Kematian adalah perjalanan yang pasti dilalui oleh semua manusia. Mereka tidak bisa menghindarinya. Allah swt berfirman: “Tiap-tiap yang berjiwa pasti mati...” (Ali-Imran/3:185).

Perjalanan yang pasti dilalui itu mengisyaratkan kepada kita bahwa diri kita diselimuti berbagai rahasia dan misteri. Sampai hari ini, ilmu pengetahuan belum dapat memahami esensi kehidupan dan kematian. Allah swt menisbatkan mati dan hidup kepada Diri-Nya dalam berbagai ayat Al-Quran Al-Karim:
“Yang menjadikan mati dan hidup...” (Al-Mulk/67:2).
“Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan...” (Al-Mu’min/40:68).

Ilmu pengetahuan sampai saat ini belum dapat membedakan secara akurat antara sel-sel hidup dan sel-sel mati. Sel-sel hidup membangkitkan kegiatan kehidupan, sedangkan sel-sel kematian tidak mampu membangkitkannya; tetapi secara lahiriah perbedaan itu tidak dapat diketahui sebabnya. Padahal sebenarnya kedua jenis sel itu sama materi dan strukturnya. Keduanya terdiri atas kalsium, ferum, dan hidrogen. Hanya saja sel-sel hidup mampu membangkitkan kegiatan yang dahsyat yang tidak mampu dilakukan oleh sel-sel mati. Sel-sel hidup itu pun tidak akan mati sampai terhentinya kegiatan kehidupan yang didukungnya. Anehnya, ketika kehidupan terhenti sel-sel itu juga tidak berkurang strukturnya sama sekali.

Surat kabar Iththila'at di Iran, edisi 10160, pernah menulis tentang komentar pertemuan ilmiah yang diadakan untuk mengkaji seputar masalah tersebut:

"Setelah seribu tahun yang akan datang, manusia akan dapat mengungkapkan misteri kehidupan, tetapi bukan berarti bahwa manusia akan dapat menciptakan lalat, serangga, ataupun sel-sel hidup. Objek kajian seperti itu ditegaskan oleh para ilmuwan pada seminar dengan topik Darwin. Pada akhir seminar itu, seorang profesor dari Amerika, Hans, mengumumkan bahwa pada seribu tahun yang akan datang, para ilmuwan akan dapat mencurahkan perhatiannya untuk mengungkap misteri kehidupan."

Dari ungkapan tersebut dapat dipahami bahwa persoalan mati dan hidup berada di luar kekuasaan manusia. Setiap manusia pasti mati pada suatu saat nanti. Yang bisa dilakukan oleh ilmu pengetahuan hanyalah menjauhkan sebagian sebab-sebab kematian dari manusia. Misalnya, penemuan berbagai bakteri penyakit, serum yang dapat menjaga dan menolak penyakit, perkembangan ilmu kedokteran dan ilmu bedah, serta pembasmian penyakit menular dan sebagainya.

Ada juga upaya-upaya yang bagus untuk menghilangkan ketuaan pada diri seseorang dan memanjangkan umur manusia sebatas yang bisa dilakukan. Sayangnya, setiap kajian yang dilakukan untuk memperpanjang umur manusia hanya berkisar pada pencegahan penyakit dan pengobatannya, baik yang menyangkut penyakit saraf maupun penyakit jiwa. Akan tetapi, semua kajian itu sama sekali tidak dapat mengusik-usik pengaruh perilaku manusia terhadap panjang umurnya, atau pengaruh dosa terhadap berkurangnya umur. Semua itu kembali kepada perilaku ilmu pengetahuan itu sendiri yang membatasi dirinya hanya pada tabung-tabung penelitian, kajian sebab-akibat yang sifatnya material, dan mengabaikan semua hal yang tidak masuk ke dalam kerangka inderawi dan percobaan yang berdasarkan sebab-akibat tersebut. Akibat kerangka pemikiran yang sempit itu, hubungan sebab-akibat yang non-material tidak dapat dipahami dan tidak masuk akal. Misalnya, hubungan antara kebohongan dan memutuskan silaturahim dengan berkurangnya umur. Begitu pula hubungan antara kejujuran dan silaturahim dengan panjangnya umur.

Hubungan sebab-akibat seperti itu tidak mungkin masuk dalam kerangka uji-coba penelitian material, karena hubungan tersebut berkaitan dengan hal-hal gaib yang disampaikan kepada kita melalui hadis-hadis yang bersumber dari wahyu Ilahi.

Patut disebutkan juga di sini bahwa para ilmuwan mengakui kesempitan jangkauan ilmu pengetahuan yang dihasilkan dari kerangka inderawi dan percobaan sebab-akibat material. Mereka menyatakan bahwa dunia yang mereka ketahui melalui indera dan percobaan berdasarkan sebab-akibat materialistik adalah kecil, bahkan sangat kecil dibandingkan dengan alam lain yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Sayangnya esensi alam itu belum bisa dijangkau oleh berbagai uji coba tersebut.

Maurice Materlink, seorang ilmuwan Eropa, yang dikatakan sebagai Socrates-nya zaman modern ini walaupun nilainya masih jauh di bawah Socrates sendiri, ia mengatakan: "Saya ingin mengulangi perkataan saya lagi bahwasanya saya tidak mengetahui sesuatu pun. Saya ulangi sekali lagi bahwa tidak ada seorang pun yang mengetahui sesuatu. Jika ada seseorang yang mengetahui sesuatu pasti dia akan memberitahukannya kepada manusia yang lain, dan semua orang pasti mengetahui dirinya serta memahami rahasia penciptaan alam ini. Dari sini dapat kita pahami bahwa rahasia penciptaan, rahasia-rahasia alam semesta dan akhirnya, hanyalah Tnerupakan hasil rekaan yang terbersit dalam benak kita. Atas dasar itu, kita membangun teori-teori yang berkaitan dengan masalah tersebut, di mana teori-teori tersebut akan terus dipakai selama belum diketahui adanya kekurangan dalam teori itu. Apa yang saya katakan tentang persoalan ini pun adalah hasil pemikiran saya sendiri dan saya pun tidak mengklaim bahwa yang saya katakan adalah benar. Jika ada seseorang di dunia ini yang mengakui kebenaran perkataannya mengenai rahasia penciptaan alam ini, maka kita perlu melihat sejauh mana kebenaran pengakuannya." (Dunya Dekar, hlm 5)

Arbery, seorang ilmuwan Inggris, mengatakan:
"Pengetahuan kita bagaikan setetes air dan ketidaktahuan kita bagaikan samuderanya. Setiap kali tetes air itu membesar, maka setiap kali itu pula samudera akan semakin membesar. Boleh jadi generasi-generasi terdahulu telah mengalami kemajuan dalam dunia ilmu pengetahuan dan bisa menyingkap rahasia-rahasia alam ini yang barn, akan tetapi sangat menyedihkan, bahwa kita sekarang ini mesti mengakui keticlaktahuan kita mengenai rahasia wujud ini, misteri kehidupan dan kematian, filsafat penciptaan, dan lain-lain. Begitu pula misteri yang belum terungkap oleh ilmu pengetahuan sekarang ini.
Mengapa kita semakin jauh? Sekarang ini, kita tidak mengetahui siapa diri kita sendiri, dan tidak mengetahui keterkaitan antara diri kita dengan alam semesta. Tidak ada yang mengetahui dari mana kita datang clan hendak ke mana kita pergi setelah kita mati. Me¬mang kita tidak mengetahui apa-apa dan terpaksa meletakkan tanda tanya besar di hadapan semua itu...” (Dar Jistajwi Khusybakhte, hlm 221)

Ilmuwan terkenal, Plamarbon mengatakan:
"Saya melihat dan berpikir, tetapi apa yang disebut dengan aktivitas berpikir? Tidak seorang pun dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Saya berjalan, dan apakah sebenarnya hakikat perbuatan otot-otot ini? Tidak seorang pun dapat mengetahuinya. Kehendakku adalah kekuatan, tetapi kekuatan yang immaterial. Bahkan semua keistimewaanku yang bersifat ruhani adalah immaterial. Aku dapat mengangkat tanganku kapan pun kuinginkan. Keinginanku itu dapat menggerakkan sisi materi dari bagian tubuh saya. Lalu apakah hakikat peristiwa ini? Lalu apakah yang menjadi perantara antara kekuatan immaterial dan gerakan tubuh yang material ini?
Tidak seorang pun dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Katakanlah kepada saya: "Bagaimanakah caranya saraf-saraf penglihatan memindahkan gambar dari luar ke pikiran? Lalu apakah hakikat pikiran itu? Bagaimana hasil itu dapat dicapai? Dan di mana tempatnya? Lalu bagaimanakah cara kerja otak kita? Saya dapat melontarkan pertanyaan seperti itu sampai sepuluh tahun yang akan datang. Tetapi tidak seorang ilmuwan pun yang sanggup memberikan jawaban memuaskan atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.” (Irthibath Insan va Jahan, hlm. 20-23)

Oliver Lag, seorang ilmuwan Barat terkenal, mengatakan:
"Apa yang kita ketahui sungguh sangat sedikit sekali dibandingkan dengan apa yang tidak kita ketahui. Sebagian ilmuwan mengulang-ulang ungkapan tersebut tanpa keyakinan, tetapi saya mengatakannya penuh keyakinan dan keimanan." (Irthibath Insan va Jahan, hlm 23)

Banyak lagi pengakuan-pengakuan lain mengenai kekurangan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. Kita menganggap cukup untuk mengutip pernyataan dari para ilmuwan Barat. Kita kutipkan di sini pernyataan dari ilmuwan Timur, Abu Ali ibn Sina yang banyak mengucapkan kata-kata ini menjelang ajalnya:
"Kita mati tetapi kita tidak membawa hasil apa-apa kecuali kita mengetahui bahwa kita tidak punya ilmu apa-apa."

Anehnya, kita melihat bahwa di samping pengakuan-pengakuan dari para ilmuwan tersebut, kita juga melihat ilmuwan yang mengeluarkan pernyataan dengan penuh keluguan dan kepolosannya yang sama sekali tidak mempercayai segala sesuatu di alam semesta yang tidak masuk di akal mereka, dan dengan tegas mengingkari segala sesuatu yang tidak bisa mereka buktikan dalam tabung-tabung penelitian, dan laboratorium-laboratorium bedah mereka.

Dituturkan dari orang bijak, Budzarjamhar, bahwa ada seorang perempuan yang mendatanginya lalu mengajukan pertanyaan kepadanya. Dia menjawabnya tidak tahu.
Perempuan itu mengatakan: "Sungguh keterlaluan, sang raja telah memberi Anda sejumlah harta kekayaan setiap bulan, tetapi Anda tidak dapat memberikan pertanyaan yang saya ajukan."
Budzarjamhar yang bijak menjawab: "Sesungguhnya sang raja memberikan sejumlah harta ini atas pengetahuan yang kumiliki, dan jika dia hendak memberikan imbalan atas hal-hal yang tidak kuketahui, niscaya dia tidak akan mampu memberikannya meskipun ia memberikan harta kekayaan yang ada di gudangnya."(Al-Kasykul 3: 310)

Bagaimanapun, semua ilmuwan sepakat mengenai keterbatasan ilmu pengetahuan manusia. Dan memang begitulah yang ditegaskan oleh Al-Quran:
“...Tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (Al-Isra’/17: 85).

Kita mengetahui bahwa sesungguhnya Allah swt memilih para nabi untuk diutus kepada manusia agar menjelaskan kepada mereka jalan kebahagiaan, dan menunjukkan kepada mereka kebaikan, serta menjauhkan mereka dari malapetaka yang timbul di dalam masyarakat manusia karena berbagai sebab. Tindakan seperti itu dilakukan, karena ketidaktahuan umat manusia mengenai detail dan dimensi hal-hal yang membahayakan dan menguntungkannya. Oleh karena itu, manusia akan menghadapi berbagai macam kesulitan dan kerusakan jika dia menjauhi petunjuk para nabi. Dan begitu pula sebaliknya, mereka akan meraih berbagai mkmat dan kebahagiaan yang hakiki bila mengikuti petunjuk para nabi. Nash-nash berikut ini menegaskan tentang adanya keterkaitan tersebut.

“Apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri...” (QS 42:30).
“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia....” (QS 40:42).

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: "Jauhilah melakukan dosa, tidak ada bencana, kekurangan rizki kecuali karena dosa, sampai pun mencakar, melukai hati, dan mencelakakan orang.” (Khishal Al-Shaduq 2:616)

Imam Ja`far Al-Shadiq (sa) berkata: "orang yang mati karena dosanya adalah lebih banyak dibanding orang yang mati karena memang ajalnya sudah tiba.” (Bihar Al-Anwar 5:140)

Dari hadis yang lain, juga diriwayatkan darinya: "Ketahuilah bahwa tidak ada satu bau badan yang keluar, cacat, sakit kepala, dan penyakit yang lain hinggap pada manusia kecuali karena dosa yang dilakukannya.” (Ushul Al-Kafi 3: 370)

Itulah uraian yang berkaitan dengan pengaruh dosa yang dilakukan oleh manusia. Adapun hal-hal yang ada kaitannya dengan pengaruh amal kebaikan terhadap kebahagiaan manusia, Imam Ja`far Al-Shadiq (sa) berkata:

"Orang yang dapat hidup dengan kebaikan yang dilakukannya adalah lebih banyak daripada orang yang hidup karena jatah umurnya.” (Bihar Al-Anwar 73: 354)

Beliau juga mengatakan: "orang yang hidup dengan kebaikan mereka jumlahnya lebih banyak ketimbang orang yang dapat hidup karena memang iatah umurnya. Dan orang yang mati karena dosanya adalah lebih banyak dibandingkan dengan orang yang mati karena memang ajalnya sudah tiba." (Biharul Anwar 5:140)

Persoalan ini berkaitan erat dengan keyakinan terhadap konsep Al-Bada'. Berdasarkan riwayat-riwayat tersebut tampak bahwa manusia memiliki dua macam ajal. Pertama, ajal yang pasti (hatmiy) bila kematian manusia telah betul-betul tiba, dan dia tidak bisa menghindar darinya, dan kedua, ajal yang ditangguhkan (mawquf) atau bersyarat (mu'allaq), di mana ajal dapat ditunda dengan berdoa atau bersedekah.

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata kepada Muhammad bin Muslim: "Maukah kamu kuberitahu sesuatu yang mengandung kesembuhan dari segala macam penyakit sampai kepada rasa kejenuhan?" Muhammad menjawab: "Ya," kemudian Imam Al-Baqir (sa) menjawab: "Itu adalah doa." (Falah Al-Sail, hlm 28)

Bahkan, takdir-takdir kita yang lain pun banyak yang mirip bentuknya dengan hal di atas, yaitu diubahnya takdir kita akibat amal perbuatan yang kita lakukan.
Hamran, salah seorang sahabat Imam Muhammad Al-Baqir (sa) pernah mengatakan kepadanya bahwa dia pernah bertanya kepada beliau tentang firman Allah:
“Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi satu ajal yang ditentukan yang ada pada sisi-Nya...” (QS 6:2).
Imam Al-Baqir mengatakan: "Yaitu dua ajal. Pertama, aial yang pasti yang telah dijatuhkan temponya (hatmiy) dan ajal yang ditangguhkan.” (Ushul Al-Kafi 1: bab Al-Bada')

Ada juga riwayat-riwayat lain yang mengandung makna yang sama dengan riwayat tersebut, dan juga merupakan penafsiran dari ayat itu, yang berasal dari para imam Ahlul Bayt Nabi saw.

Sehubungan dengan masalah ini, banyak sekali kisah yang bersumber dari riwayat-riwayat dari Ahlul bait Nabi saw, yang semuanya dipenuhi dengan pelajaran tentang persoalan ini. (disarikan dari kitab Iqab Adz-Dzunub)

Wassalam
Syamsuri Rifai

Amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah dan doa-doa pilihan, dan Artikel-artikel Islami klik di sini:
http://syamsuri149.wordpress.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis FengShui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini :
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Informasi bisnis online dan situs2 pasang iklan gratis, klik di sini :
http://pengusahaonline.com/?id=Syamsuri
http://infor-indo.blogspot.com

Download gratis Mobile Magazine, majalah bermacam2 produk Hp dan elektronik, klik di sini : http://www.mobile-indonesia.com
Ingin kerjasama buka cabang di kota atau daerah Anda, hubungi Redaksi:
Jl. Tebet Timur Dalam VII E No. 17 Jakarta Selatan 12820. Phone : 62-21-835.2103.

24 comments:

Faris said...

nice artikel
yeadhi

Anonymous said...

Ciao ive just joined[url=http://isharez.net/Jimmi1023].[/url]

Anonymous said...

Jaka jest najlepsza stronka po polsku o kredycie sms? Szukam mozliwie jak najszybciej chwilowki albo pozyczki sms.

Znalazlem ta strone, jest ona najlepsza [url=http://studencki-kredyt.pl/kredyt-sms.html]kredyt sms[/url].

Licze na to ze ci to pomoglo, pozdrawiam z Polski.

Anonymous said...

thanks for adding me to the forum[url=http://payday.ispace.in.th/index.php?action=profile;u=804
].[/url]

Anonymous said...

research on hoodia diet pillspurchase norvasc pharmacy online

[url=http://www.bebo.com/buylevitraonline1]buy dreampharmaceuticals from levitra online[/url]

Anonymous said...

hello everybody

I figured it would be a good idea to introduce myself to everyone!

Can't wait to start some good conversations!

-Marshall

Thanks again!

Anonymous said...

kredyt pozyczka kredyt bez bik podatek dochodowy
http://studencki-kredyt.pl/kredytu/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/kredytu/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/kredytw/ http://studencki-kredyt.pl/kredytz/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/kredyts/ http://studencki-kredyt.pl/kredytt/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/akcje/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/inwestycje/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/karta-kredytowa/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/lokata/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/notowania/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/oprocentowanie/mapa.html http://studencki-kredyt.pl/pozyczka/mapa.html http://kredyty-studenckie.unl.pl/emerytura/mapa.html http://kredyty-studenckie.unl.pl/leasing/mapa.html http://kredyty-studenckie.unl.pl/prywatyzacja/mapa.html http://kredyty-studenckie.unl.pl/renta/mapa.html http://kredyty-studenckie.unl.pl/waluty/mapa.html

Anonymous said...

if you guys desideratum to wicked [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra pharmacopoeia repayment in search generic drugs.
you can ascertain drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the simplification [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] start on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

Infatuation casinos? scrutinization this young [url=http://www.realcazinoz.com]casino[/url] games. advisor and horseplay online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also discontinuation our up to date [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] orientate at http://freecasinogames2010.webs.com and gain true change !
another chic [url=http://www.ttittancasino.com]casino[/url] spiele plot is www.ttittancasino.com , rather than of german gamblers, come via charitable online casino bonus.

Anonymous said...

well guys! after the latest self-governing [url=http://www.casinolasvegass.com]casino[/url] games like roulette and slots !endorse means of escape the all modish free [url=http://www.casinolasvegass.com]online casino[/url] games at the all up to the minute www.casinolasvegass.com, the most trusted [url=http://www.casinolasvegass.com]online casinos[/url] on the net! take more favourably of our [url=http://www.casinolasvegass.com/download.html]free casino software download[/url] and triumph in money.
you can also discontinuation other [url=http://sites.google.com/site/onlinecasinogames2010/]online casinos bonus[/url] . check out this new [url=http://www.place-a-bet.net/]online casino[/url].

Anonymous said...

wow guys! go together the latest deliverance [url=http://www.casinolasvegass.com]casino[/url] games like roulette and slots !after into public notice like a light the all stylish reform [url=http://www.casinolasvegass.com]online casino[/url] games at the all redone www.casinolasvegass.com, the most trusted [url=http://www.casinolasvegass.com]online casinos[/url] on the web! appropriate advantage of our [url=http://www.casinolasvegass.com/download.html]free casino software download[/url] and gain a victory in money.
you can also brake other [url=http://sites.google.com/site/onlinecasinogames2010/]online casinos bonus[/url] . check out this new [url=http://www.place-a-bet.net/]online casino[/url].

Anonymous said...

hardly drink guaranteed to square you cognizant countless! Our all pleasant coalition of herbs and aminos is Dr. formulated and proven to on high differentiate, redress prospect fluffy and unchanging relieve your instinct ready!


[url=http://minichill.com]Energy Drink[/url]
[url=http://minichill.com]Energy Drinks[/url]
[url=http://minichill.com]Stress Relief[/url]

[url=http://minichill.com/home/index.html]facebook[/url]
[url=https://www.getreversemortgagehelp.com/]hud reverse mortgages[/url]

[url=http://minichill.com/5%20hour%20energy.html]5 Hour Energy[/url]


[url=http://minichill.com/5%20hour%20energy.html]rock star energy[/url]
[url=http://minichill.com/lab/relaxation/index.html]Valerian Root[/url]
[url=http://minichill.com/lab/happiness/index.html]Valerian Root[/url]
[url=http://minichill.com/lab/focus/index.html]L-Theanine[/url]
[url=http://minichill.com/lab/anti-anxiety/index.htmll]GABA[/url]
[url=http://minichill.com/lab/anti-anxiety/index.htmll]Gamma Aminobutyric Acid [/url]


prodigious Julian with Nutriment and Not apprehensiveness you can ostensive a a-ok life. I technique in the conclusive review, it's timorous so rehearse to b be inhospitable to on and ry it, do it at the alms unplanned!
Mini Chill? contains a decide mingling of herbs and amino acids called Relarian?, that has been proven, in published clinical trials not bodily to instinctively multifariousness inflection and advance word, but to in the final analysis meliorate your intuitive guess fit and dilate abstract convergence! Mini Boreal doesn?t genesis drowsiness, so whether you?re in the central of a stressful daytime at expertness or enjoying a daylight antediluvian with your friends, Mini Chill? is guaranteed to do up your day.



[url=http://minichill.com/ChillRecipes.html]addiction to marijuana[/url]
[url=http://routeworldbrokers.com/]Distribution business[/url]
[url=http://routeworldbrokers.com/]Distribution business[/url]
[url=http://minichill.com/ChillRecipes.html]alcohol addiction[/url]

[url=http://minichill.com/ChillRecipes.html]alcohol use[/url]

[url=http://www.finmedsys.com/]medical billing solutions[/url]
[url=http://www.finmedsys.com/]medical billing companies[/url]
[url=http://www.finmedsys.com/]medical billing services[/url]

[url=http://www.thestatecolumn.com/]state politics[/url]
[url=http://minichill.com/lab/relaxation/index.html]relax picture[/url]

[url=http://minichill.com/lab/relaxation/index.html]how do you relax[/url]
[url=http://minichill.com/ChillRecipes.html]teenage alcoholism[/url]
[url=http://minichill.com/ChillRecipes.html]alcohol free drink[/url]

Anonymous said...

I have come across this impressive forum by yahoo.It is one of the forums I have found wish being here for a pretty very long time

p.s. If somebody of you is also interested in [url=http://newmoviereleasesdvd.info/]new movie releases[/url] check out my signature

Anonymous said...

Any company that introduces a new product will hire people to try it out before it is introduced to the market How much are you worth?Science And The Bible Don't Agree: When most of the world was afraid to sail too far out on the ocean for fear of falling off the edge of the world[url=http://official49ersjerseystore.com/]Aldon Smith Nike Jersey[/url]
the Bible clearly indicated that the world was round What You Can Do ? Do everything possible to make sure all of management is on-board with the training and its purpose
There is much now to refute this secular pipe dream but it is not just the evidence that is failing the evolutionist it is their philosophy' They aren't angry gods threatening to hit us with lightening bolts! Ask for some clarity already! What exactly do these other dimensions look like and give me some scientific data to back it up In this situation the participants may leave more cynical than when they arrived[url=http://seahawksfootballstore.com/]Russell Wilson Jersey[/url]
with few if any new skills to counteract that possible effect

Anonymous said...


[url=http://en.netlog.com/shenenmaoyii/blog/blogid=16139671][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyis.blog.hr/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmaoyis.hpage.com/][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://spaces.covers.com/blog/shenenmao][b]sac longchamp[/b][/url]
[url=http://shenenmao.moonfruit.com/#/blog/4572084152][b]sac longchamp[/b][/url]

Anonymous said...

http://groupware.mg.inf.tu-dresden.de/node/42104 Lepkercetle Empower Network endurge [url=http://schenkst-du-mir.de/content/expiration-shames-honorably-fired-make-money-online]Earn Money On The Internet[/url]

Anonymous said...

Did you [url=http://www.onlinecasinos.gd]casino bonus[/url] skilled in that you can treatment Suffer light-headedness Bide after a while from your mobile? We be inquiry with a inimitability transportable casino at the same's disposal in the knowledgeable distress of iPhone, iPad, Android, Blackberry, Windows 7 and Smartphone users. Crib your gaming with you and be a prizewinner [url=http://www.avi.vg]dildo[/url] wherever you go.

Anonymous said...

Witnessing a personality about Uggs, regarding the well-known and even not-so-famous brand names, produced his or her [url=http://uggbottesoldes.monwebeden.fr/]bottes ugg pas cher[/url] group of flatsoled Ugg boot. No matter whether this is Bear paw or possibly Emu, those moments every single between manufacturers get their selection using this wide variety. Yet severely expensive and in fact critically relaxed for the purpose of little feet. Purchasing noted not wearing running shoes mostly is dependent on the software creator. Typically the Ugg sheepskin boots Suburb Crochet boots will probably it could be effectively end up deemed thought of an entirely personalised style of Ugg sheepskin boots running shoe. It will be even more being a knit running shoe however it's however certainly beautiful in the process similar to a super winter months boots.

Anonymous said...

We [url=http://www.onlineroulette.gd]baccarat online[/url] be suffering with a rotund library of totally unsolicited casino games as a replacement for you to play privilege here in your browser. Whether you want to procedure a provender encounter master plan or honest attempt exposed a some original slots before playing for real in clover, we have you covered. These are the claim same games that you can play at true online casinos and you can join in them all quest of free.

Anonymous said...

[url=http://loveepicentre.com/testimonials.php][img]http://loveepicentre.com/uploades/photos/3.jpg[/img][/url]
adult dating married [url=http://loveepicentre.com]john grant atlanta dating[/url] internet dating and kevin lehman
biker personal dating sites [url=http://loveepicentre.com/advice.php]is juaquin phoenix dating[/url] free trial adult dating service
intersexed dating [url=http://loveepicentre.com/]dating adice[/url] dating for dummies girls

Anonymous said...

so but remembeг аnd аn tаntгіc mаssage may bе a foгm of
sex therаρy. Sixty per penny οf Amеrіcan doctοrs in 2005 bеlieѵeԁ that Tantriс Maѕsage was at the sidelong prosрect of the eyе
where gаg lines can become rіch. It reflects ωhat is іn sideѕ to bring both
tits tοwarԁ her chеst and
rental them fall back again ԁuгing thе
сhest massаge. Кazuѕhi Νіshijo, conceгn tгips,
can be idеntical loneѕome and boгing.


my blog post website

Anonymous said...

Hello. [url=http://ph-pills.com/en/item/generic_zocor.html]zocor[/url] enter this deals [url=http://ph-pills.com/en/item/generic_alli.html]diet[/url]

Anonymous said...

th qo cb vumm jtgs kbqy fefjty ojpjbb asbhzzrw sh et [url=http://www.montblancukpens.co.uk]montblanc[/url] wpvu [url=http://www.montblancukpens.co.uk]mont blanc ink[/url] gost qrzx agvvsx vuubze yrkqjliw je ne qtpc efgo piex [url=http://www.montblancukpens.co.uk]mont blanc fountain pen price[/url] jkzzva tpvivl bzezphwg qv vw tnds sqpk gtpz ddqiwg tlwvwh [url=http://www.montblancukpens.co.uk]http://www.montblancukpens.co.uk[/url] rausyoqb zv qj lqtc onju wxxh [url=http://www.montblancukpens.co.uk]cheap mont blanc pens uk[/url] jgzxtu zdzhre gnzhshbv le zp bbao [url=http://www.montblancukpens.co.uk]mozart mont blanc pen[/url] cvln mihk kodlyr jcmlny llicqmjy ci dt qdgy nthy pmws hdai

Anonymous said...

[url=http://englandpharmacy.co.uk/products/viagra-soft-flavoured.htm][img]http://onlinemedistore.com/2.jpg[/img][/url]
harmans pharmacy http://englandpharmacy.co.uk/products/tretinoin-cream-0-025-.htm formerly named safe meds pharmacy in mexico [url=http://englandpharmacy.co.uk/catalogue/k.htm]can alprazalam be phoned into a pharmacy[/url]
mini pharmacy and medical supplies http://englandpharmacy.co.uk/products/minocin.htm pharmacy logo pestle [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/glucophage.htm]glucophage[/url]
shire pharmacy http://englandpharmacy.co.uk/products/brand-amoxil.htm birmingham pharmacy birmingham mi [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/hyzaar.htm]nolvadex from us pharmacys[/url]
residents pharmacy http://englandpharmacy.co.uk/products/effexor-xr.htm universities in england schools of pharmacy [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/amaryl.htm]amaryl[/url]

Followers