Pages

Sunday, May 18, 2008

Kondisi manusia saat Dibangkitkan dari kubur

Saat manusia dibangkitkan dari kuburnya keadaan dan kondisinya bermacam-macam, tergantung pada amal dan perbuatannya di dunia. Berikut ini sebagian keadaannya:

Pertama: Rasulullah saw bersabda:
“Orang yang ragu tentang keutamaan Ali bin Abi Thalib (sa), ia akan bangkit dari kuburnya pada hari kiamat, dalam keadaan punggungnya dililit dengan rantai dari api yang terdiri dari tiga ratus cabang, masing-masing cabang terdapat setan yang wajahnya masam dan memenuhi wajahnya” (Al-Amali Syeikh Mufid: 144 dan 145)

Kedua: Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata:
“Sesungguhnya Allah tabaraka wa ta’ala pada hari kiamat akan membangkitkan manusia dari kuburnya, tangannya diikat ke punggungnya, dan mereka tidak dapat melepaskan ikatan itu karena didampingi oleh malaikat yang sangat menghinakan mereka, malaikat itu berkata: Inilah mereka yang menahan kebaikan yang sedikit untuk mendapatkan kebaikan yang banyak. Mereka inilah orang-orang yang telah diberi karunia oleh Allah tetapi mereka menahan hak Allah dalam harta mereka.” (Biharul Anwar 7: 197)

Ketiga: Dalam hadis yang panjang disebutkan:
“Barangsiapa yang pergi untuk mengadu domba (namimah) di antara dua orang, Allah akan memenuhi kuburnya dengan api yang membakarnya hingga hari kiamat; dan saat dibangkitkan dari kuburnya, Allah akan mendatangkan kepadanya ular besar yang berwarna hitam, mencabik-cabik dagingnya sampai ia masuk ke neraka...” (Tsawabul A’mal: 338)

Keempat: Imam Muhammad Al-Baqir (sa):
“Barangsiapa yang memenuhi kedua matanya dengan (pandangan terhadap) perempuan yang diharamkan, Allah akan memenuhi kedua matanya dengan paku dari api, dan memenuhi kedua matanya dengan api sehingga ia mengadu di antara manusia, kemudian Allah perintahkan ia masuk ke neraka.” (Tsawabul A’mal: 338)

Kelima: Rasulullah saw bersabda:
“Sesungguhnya peminum khomer, ia akan datang pada hari kiamat dengan wajah yang hitam, kedua matanya biru, kedua sudut mulutnya miring, ludahnya mengalir, dan lidahnya menjulur ke dadanya.” (Biharul Anwar 7: 218, hadis ke 125)

Dalam hadis yang lain disebutkan:
“Sesungguhnya peminum khomer, ia akan dibangkitkan dari kuburnya dan gayung dikalungkan ke pundaknya, gelas di tangannya, ia berbau busuk lebih dari bangkai di dunia, dan setiap manusia yang lewat di dekatnya melaknatnya.” (Ilmul Yaqin 2: 910)

Keenam: Rasulullah saw bersabda:
“Orang yang berwajah dua akan datang pada hari kiamat dalam keadaan lidahnya menjulur ke dadanya, dan langkah kedua kakinya menyala api sampai membakar tubuhnya, kemudian dikatakan kepadanya: inilah orang yang ketika di dunia berwajah dua dan bermulut dua, ia akan dikenal keadaannya pada hari kiamat.” (Tsawabul A’mal: 319)

Disarikan dari kitab Manâzilul âkhirah, syeikh Abbas Al-Qumi, penulis kitab Mafatihul Jinan)

Wassalam
Syamsuri Rifai

Foto tempat2 bersejarah Islami, Asbabun Nuzul ayat2 pilihan, hadis2 pilihan, amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel-artikel Islami, klik di sini:
http://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com

Audio musik2 ruhani (mp3), dilengkapi tek syair dan terjemahan, klik di sini:
http://syamsuri149.multiply.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 pilihan haji dan umroh dilengkapi tek arab, bacaan tek latin dan terjemahan, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Download gratis Mobile Magazine, majalah bermacam2 produk Hp dan elektronik, klik di sini : http://www.mobile-indonesia.com
Ingin kerjasama buka cabang di kota atau daerah Anda, hubungi Redaksi: Jl. Tebet Timur Dalam VII E No. 17 Jakarta Selatan 12820. Phone : 62-21-835.2103.

2 comments:

JournalFX168 said...

assalamualaikom, apa khabar bapak syamsuri, makasih sudi ziarah blog saya, baru pulang dari Madura ya pak.

Sebetulnya saya ngak pasti harus memanggil apa sama tuan blog, panggil pak syam aja bagaimana? atau kebiasaanya panggilan apa yg menyenangkan hati bapak syamsuri.?

Akhirnya...salam silaturrahim saya hulurkan.
Dari saudara seislam...Muhib.

Syamsuri Rifai said...

Wassalamu'alaikum
Alhamdulillah sy sudah datang dari Madura. Soal panggilan, terserah Bapak, bisa dengan pak syam. Tapi umumnya komunitas saya memanggil sy dengan ustadz syamsuri. Mungkin karena sy mengajar di majlis2 pengajian mereka.

Wassalam
Syamsuri Rifai

Followers