Pages

Saturday, August 22, 2009

Keutamaan Malam dan Hari-Hari Ramadhan

Keutamaan hari-hari dan malam-malam Ramadhan berikut ini saya terjemahkan dari kitab “Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah”. Kitab yang berisi tentang keutamaan bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan. Penulisnya seorang ulama besar ahli hadis dari kalangan mazhab Ahlul bait Nabi saw, yaitu Allamah Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi (Syeikh Shaduq). Beliau meriwayatkan hadis-hadis Rasulullah saw tentangnya yang bersumber dari para Imam Ahlul bait (sa) dan sahabat Nabi saw, juga hadis-hadis dari mereka. Jadi, hadis-hadis dalam kitab ini keshahihannya tidak perlu diragukan lagi karena, selain penyusunnya ulama besar ahli hadis, ia telah ditahqiq (diteliti) oleh ulama ahli hadis berikutnya, misalnya Allamah Mirza Ar-Ridha Irfaniyan.

Tentang keutamaan bulan Ramadhan secara detail dari hari ke hari, beliau mengutip hadis Rasulullah saw sebagai berikut:

Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian kepada Allah swt.

Pada malam pertama Ramadhan: Allah swt mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.

Selengkapnya Download disini

No comments:

Followers