Pages

Monday, May 17, 2010

Jangan Merasa Kesepian di Jalan Kebenaran karena Sedikitnya Orang di sana

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata:
Wahai manusia! Jangan sekali-kali merasa kesepian di atas jalan kebenaran karena sedikitnya orang yang berada di sana. Sesungguhnya kebanyakan manusia telah berkumpul menghadapi “hidangan” yang sebentar saja “kenyangnya” tapi lama sekali “laparnya”.1)

Wahai manusia! Sesungguhnya hanya ada dua hal yang menggabungkan manusia, yaitu persetujuan atas sesuatu dan penolakan terhadapnya. Seperti halnya pembunuh onta kaum Tsamud; yang menyembelihnya hanya satu orang, namun Allah swt menjatuhkan azab atas mereka semua. Karena mereka menyetujui perbuatan itu dan tidak menentangnya. Allah swt berfirman: “…lalu mereka sembelih onta itu dan jadilah mereka orang-orang yang penuh penyesalan…” (QS 26: 157). Sebagai akibatnya mereka dibenamkan ke dalam tanah dengan suara berdentam, bagaikan besi bajak yang dipanaskan menembus tanah yang lunak.

Wahai manusia! Barangsiapa berjalan di atas jalan yang benar pasti sampai di tempat tujuan, dan barangsiapa yang menyimpang pasti terperosok ke dalam jurang kesesatan.
(Syarah Nahjul Balaghah Syeikh Muhammad Abduh, jilid 2, hlm 196).
_________
1) Kenikmatan duniawi hanya sebentar, sedangkan beban pertanggungan-jawabnya amat berat kelak di akhirat.

Amalan dan Doa2 haji & Umroh:
http://almushthafa.blogspot.com

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://www.alfusalam.web.id
http://syamsuri149.wordpress.com

Jasa Pembuatan website dan contoh2nya, berikut keuntungannya pesan website pada tim kami sebagai mitra dalam publikasi, dan E-Book Islami: http://www.tokoku99.com
Personal kontak: Bobby Oksa Wijaya
+62813 993 44990; +6221 997 996 43.

No comments:

Followers