Pages

Monday, January 14, 2008

Ziarah Asyura (10 Muharram)

Asyura (10 Muharram) adalah hari puncak duka keluarga Nabi saw dan para pengikutnya. Pada hari ini terjadi peristiwa yang tragis menimpa keluarga Rasulullah saw. Pada hari ini Aba Abdillah Al-Husein, cucu tercinta Rasulullah saw dibantai di padang Karbala oleh pasukan Yazid bin Mu’awiyah.

Al-Husein (sa) adalah sosok pribadi yang tegas, tidak pernah kompromi dengan kezaliman. Ia bertekad memperjuangkan kebenaran dan keadilan sebagaimana yang diajarkan oleh ayah dan kakeknya. Sejarah mencatat bahwa Al-Husein (sa) adalah sosok manusia yang paling dicintai oleh Rasulullah saw. Karena pribadinya yang tegas, tidak mau kompromi dengan kezaliman, akhirnya pada 10 Muharram 61 H Al-Husein dan rombongannya yang terdiri dari keluarganya dan sebagian sahabat-sahabat Nabi saw dibantai di Karbala. Maka selayaknya kita sebagai ummat Rasulullah saw merasa prihatin terhadap kejadian itu, menyampaikan salam dan ziarah kepadanya dan para syuhada’ yang bersamanya. Berikut ini tek ucapan salam dan ziarah kepadanya:

Salam atasmu duhai Aba Abdillah
Salam atasmu duhai putera Rasulullah
Salam atasmu duhai putera Amirul mukminin, putera penghulu para washi
Salam atasmu duhai putera Fatimah penghulu perempuan semesta alam
Salam atasmu ya Tsarallah wabna Tsarih wal-Mitral Mawtur
Salam atasmu dan semua Arwah yang bergabung di halaman kediamanmu
Sepanjang hidupku, selama siang dan malam, aku akan selalu mendoakanmu semoga Allah melimpahkan kedamaian-Nya kepadamu semua.

Salam atasmu duhai Aba Abdillah dan semua Arwah yang bergabung di halaman kediamanmu. Kupanjatkan doa sepanjang hidupku, siang dan malam, semoga Allah senantiasa melimpahkan kedamaian-Nya kepadamu. Semoga Allah tidak menjadikan ziarahku ini sebagai ziarah yang terakhir kepadamu.

Salam pada Al-Husein, salam pada Ali putera Al-Husein, salam pada semua putera Al-Husein, salam pada semua sahabat Al-Husein.

Ya Allah, hidupkan aku seperti kehidupan Muhammad dan keluarga Muhammad, dan matikan aku seperti wafatnya Muhammad dan keluarga Muhammad…..
(Mafatihul Jinan, bab 3, Pasal 7, halaman 456)

Selengkapnya ziarah ini berikut tek arabnya, dan doa sesudah ziarah Asyura, bisa didownload di bagian File:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia

Wassalam
Syamsuri Rifai

No comments:

Followers