Pages

Sunday, March 7, 2010

Tanggung Jawab Kaum Ibu Terhadap Anak

Pada umumnya seorang ibu mengemban tanggung jawab lebih besar dalam mendidik dan mengasuh anak. Anak-anak umumnya menghabiskan sebagian besar waktu masa kanak-kanak mereka bersama ibunya. Fondasi masa depan anak terletak pada masa tersebut.

Oleh karena itu, kunci dari sikap buruk atau baik seseorang, kemajuan ataupun kemunduran suatu masyarakat, terletak pada kaum ibu. Kedudukan kaum wanita tidak terletak di pasar-pasar ataupun di posisi-posisi karier eksekutif. Kaum ibu semestinya adalah penghasil manusia-manusia unggul dan sempurna. Para menteri, pengacara, dan profesor yang saleh mesti berutang budi pada cinta kasih ibu mereka selama masa pertumbuhan mereka. Inilah makna dari hadis Rasulullah saw yang masyhur:

“Perempuan adalah tiang negara. Jika ia baik maka baiklah kondisi negara. Jika ia buruk maka buruklah kondisi negara.”

Orang tua yang membuahkan anak-anak yang jujur dan saleh, tidak hanya melayani anak-anak mereka dan masyarakat, melainkan juga menciptakan wadah bagi mereka dalam masyarakat. Anak-anak ini akan menjadi penolong bagi orang tuanya, kelak saat keduanya berusia lanjut. Jika para orang tua berupaya keras untuk mendidik dan mengasuh anak-anak mereka, maka mereka akan memperoleh buah yang baik pada masa lanjut usia mereka.

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: “Keturunan yang buruk adalah di antara penyebab terbesar kesulitan-kesulitan bagi orang tua.” (Ghurar al-Hikam:.189)

Imam Ali (sa) juga berkata: “Keturunan yang buruk akan menjatuhkan kehormatan orang tua, dan penerusnya pun akan dipermalukan.” (Ghurar al-Hikam: 80)

Rasulullah saw bersabda: “Semoga Allah memberkahi orang tua yang mendidik anak-anak mereka untuk berkelakuan baik terhadap mereka.” (Makârim Akhlâq: 517)

Oleh karena itu, mereka yang telah menjadi orang tua memikul tanggung jawab besar di pundak mereka. Yakni, tanggung jawab kepada Allah Swt, sesama manusia, dan anak-anak mereka.

Jika melaksanakan tanggung jawab itu secara benar, mereka akan memperoleh pahala di dunia dan akhirat. Namun, jika gagal dalam melaksanakannya, mereka akan menjadi orang-orang yang merugi. Mereka pun akan menjadi orang-orang yang telah bersikap curang terhadap anak-anak mereka sendiri dan masyarakat secara luas, dan ini sama halnya melakukan dosa yang tak terampunkan.

Amalan dan Doa2 haji & Umroh:
http://almushthafa.blogspot.com

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://www.alfusalam.web.id
http://syamsuri149.wordpress.com

Jasa Pembuatan website dan contoh2nya, berikut keuntungannya pesan website pada tim kami dalam mitra publikasi, dan E-Book Islami:
http://www.tokoku99.com
Personal kontak: Bobby Oksa Wijaya
+62813 993 44990; +6221 997 996 43.

No comments:

Followers